5 Star Staff

Saya mengkoleksi sebuah buku yang berjudul “5 Star Employee” karangan Timotius Oyong (2014). Buku ini terpajang lama di rak. Belum pernah saya baca. Sesekali saja saya pegang, buka daftar isinya lalu disimpan di rak lagi. 

Kata penulis buku itu “rata-rata orang yang sukses dalam karir mereka sehingga berhasil menduduki posisi puncak adalah orang yang menunjukkan lima hal. Dan ke lima hal tersebut disebut bintang (star). Di CU, posisi puncak adalah menjadi GM/CEO.

Bayangkan pada pakaian seragam seorang GM/CEO ada 5 bintang. Tapi itu jarang terjadi ya. Saya lebih senang para GM/CEO tampil sederhana, tanpa embel-embel bintang segala.

Lalu, apa karakteristik untuk setiap bintang (star)?

* = Integritas : Jujur, Tulus, dapat dipercaya

** = Commited : Menepati janji, Konsisten, Bertanggungjawab

*** = Prodigius : Memberi yang terbaik, Totalitas, Hasilnya Nyata

**** = Innovation : Kreatif, Selalu mencari solusi, Menciptakan Perubahan, Membangun

            dan Meningkatkan

***** = Dedication : Tekun, Sepenuh Hati, Bersungguh-Sungguh, Dapat Diandalkan

Nah, bagi anda yang sekarang berada pada posisi GM/CEO CU anda bahan ini dapat menjadi refleksi. Mudah-mudahan anda memenuhi kualifikasi 5 Star ini. CU beruntung punya anda. Tapi, kalau anda belum mampu menunjukkan kriteria 5 star, anda harus terus berjuang untuk mencapainya.

            Para pengurus yang bertanggungjawab memilih GM/CEO, kriteria 5 Star ini mungkin harus menjadi pedoman. Saya membayangkan kalau di CU berkelap kelip bintang bintang, mulai dari satu bintang, dua bintang, tiga bintang, dan empat bintang, apa lagi lima bintang. Gampang sekali melaksanakan suksesi GM/CEO bukan?

            Isu di lapangan saat ini dormant rate relatif tinggi. Apa itu anggota yang dormant (tidur)? Apabila 3 bulan berturut-turut atau lebih seorang anggota tidak pernah datang bertransaksi/memenuhi kewajibannya di CU nya. Mereka tetap menjadi anggota, tetapi statusnya adalah anggota yang dormant (tidur). Kurasa para bintang pasti tahu bagaimana membangunkan mereka dari tidur. Anggota dormant ini tidak dapat diandalkan atau menjadi tulang punggung CU anda.             Kinerja seorang GM/CEO wajib dinilai setiap tahun oleh Pengurus. Usul saya mereka dinilai berdasarkan kriteria lima bintang ini. Bagaimana melakukannya? Lakukan penilaian 360 derajad – misalnya 10 orang dari unsur pengurus dan pengawas, semua Kadep, semua Manager Area (jika ada) dan semua Manager Kantor Cabang. Mintalah mereka mengisi dengan jujur koesioner di bawah ini (beri waktu dua hari untuk mereka merenungkan jawabannya, jangan tergesa-gesa). Tapi buat dulu Kebijakan Penilaian Kinerja GM/CEO dan sahkan.

BintangGM/CEOSSSRAGU-RAGU  KSSTS
*Jujur, tulus, dapat dipercaya     
**Menepati janji, konsisten, bertanggungjawab     
***Memberi yang terbaik, Totalitas, Hasilnya Nyata     
****Kreatif, Selalu mencari solusi, Menciptakan Perubahan, Membangun dan Meningkatkan     
*****Tekun, Sepenuh Hati, Bersungguh-Sungguh, Dapat Diandalkan     
Keterangan :
SS = Sangat Setuju
S   = Setuju
KS = Kurang Setuju
STS = Sangat Tidak Setuju

Nah, jika yang diminta mengisi koesioner ini mengisi dengan jujur, bagaimanakah potretnya? Silahkan mencoba. Mungkin bisa menjadi umpan balik yang bagus.

1/11/2022

Munaldus

Founder Puskhat